Selasa, 17 Maret 2015

Peran Komunikasi Dalam Organisasi

Nama: MULIA ESTUARI | npm: 16113204| kls: 2KA03



  1.   Pengertian dan arti penting komunikasi
Istilah “komunikasi” ini berasal dari bahasa Latin, yaitu dari kata “communis” yang berarti “sama” (common). Jika kita akan mengkomunikasikan suatu idea atau gagasan, maka kita harus menetapkan terlebih dahulu suatu dasar titik-temu yang sama untuk mencapai suatu pemahaman atau pengertian. Komunikasi juga sebagai suatu tindakan mendorong pihak lain untuk menginterpretasikan suatu idea dalam suatu cara yang diinginkan oleh pembicara atau penulis.
Komunikasi organisasi pada umumnya membahas tentang struktur dan fungsi organisasi hubungan antar manusia, komunikasi dan proses pengorganisasian serta budaya organisasi.Komunikasi organisasi diberi batasan sebagai arus pesan dalam suatu jaringan yang sifat hubungannya saling bergantung satu sama lain meliputi arus komunikasi vertikal dan horizontal. Komunikasi dalam organisasi sangat penting karena dengan adanya komunikasi maka seseorang bisa berhubungan dengan orang lain dan saling bertukar pikiran yang bisa menambah wawasan seseorang dalam bekerja atau menjalani kehidupan sehari-hari.

       2.     Jenis dan proses organisasi

Di bawah ini ada beberapa klasifikasi komunikasi dalam organisasi yang di tinjau dari beberapa segi sifatnya:         

  1. Komunikasi Lisan komunikasi yang berlangsung lisan / berbicara cth: presentasi
  2. Komunukasi Tertulis komunikasi melalui tulisan Cth: email
  3. Komunikasi Verbal komunikasi yang dibicarakan/diungkapkan cth: curhat
  4. Komunikasi Non Verbal komunikasi yang tidak dibicarakan(tersirat) cth: seseorang yang nerves (gemetar)
  5. Dari segi arahnya :
  6. Komunikasi Ke atas komunikasi dari bawahan ke atasan
  7. Komunikasi Ke bawah komunikasi dari atasan ke bawahan
  8. Komunikasi Horizontal komunikasi ke sesama manusia / setingkat
  9. Komunikasi Satu Arah pemberitahuan gempa melalui BMKG(tanpa ada timbal balik)
  10. Komunikasi Dua Arah berbicara dengan adanya timbal balik/ saling berkomunikasi
  11. Menurut Lawannya :
  12. Komunikasi Satu Lawan Satu berbicara dengan lawan bicara yang sama banyaknya cth:berbicara melalui telepon
  13. Komunikasi Satu Lawan Banyak (kelompok) ‏berbicara antara satu orang dengan suatu kelompok Cth: kelompok satpam menginterogasi maling
  14. Kelompok Lawan Kelompok berbicara antara suatu kelompok dengan kelompok lain Cth: debat partai politik

            Menurut Keresmiannya :
  1. Komunikasi Formal komunikasi yang berlangsung resmi cth: rapat pemegang saham
  2. Komunikasi Informal komunikasi yang tidak resmi cth : berbicara dengan teman

        Proses komunikasi

Proses komunikasi adalah bagaimana komunikator menyampaikan pesan kepada komunikannya, sehingga dapat menciptakan suatu persamaan makna antara komunikan dengan komunikatornya.  Proses komunikasi ini bertujuan untuk menciptakan komunikasi yang efektif (sesuai dengan tujuan komunikasi pada umumnya). Proses komunikasi, banyak melalui perkembangan. Proses komunikasi dapat terjadi apabila ada interaksi antar manusia dan ada penyampaian pesan untuk mewujudkan motif komunikasi   

  3. Komunikasi efektif

·        Komunikasi Efektif adalah komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude change) pada orang yang terlibat dalam komunikasi.

·         Komunikasi Efektif adalah saling bertukar informasi, ide, kepercayaan, perasaan dan sikap antara dua orang atau kelompok yang hasilnya sesuai dengan harapan.  

 4.   Implikasi manajerial

Implikasi manajerial adalah bagaimana meningkatkan produktifitas dengan cara meningkatkan kapasitas, kualitas, efisiensi dan efektivitas dari sumber daya yang ada. apa implikasi manajerial yang muncul dari organisasi tanpa pembatas (borderless Tipe organisasi transnasional/tanpa batas memakai pengaturan yang mengeliminasi atau menghapus halangan geografis artitisial.Para manajer memilih pendekatan ini dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas di pasar global yang kompetitif.Implikasi yang dirasakan oleh para pihak manajer adalah bagaimana mereka bisa mengembangkan produk yang diproduksi di negara lain,dengan baik dengan cara memanfaatkan sumber daya alam dan manusia yang ada pada negara ttersebut.Jadi struktur organisasi manajerial tidak akan berpusat pada satu organisasi manajerial namun harus mencakup seluruh struktur organisasi manajerial di seluruh negara dimana perusahaan iitu berada.  Kata Implikasi sendiri dapat merujuk ke beberapa aspek yaitu salah satunya, yang di bahas saat ini adalah manajerial atau manajemen, dalam manajemen terdapat 2 implikasi yaitu:

1. implikasi procedural meliputi tata cara analisis pilihan representasi, perencanaan kerja dan formulasi kebijakan.
2. implikasi kebijakan ini meliputi sifat substantive,perkiraan ke depan dan perumusan tindakan.


      KESIMPULAN:
      
Pada dasarnya komunikasi sangat diperlukan didalam kehidupan sehari-hari dalam aspek apapun, baik itu dalam kegiatan berorganisasi atau dalam kehidupan sehari-hari, dalam kegiatan berorganisasi, komunikasi diperlukan dengan tujuan agar sebuah system atau komunikasi yang ada bisa terjalin dengan sempurna dan lebih baik.

Tujuan komunikasi adalah berhubungan dan mengajak dengan orang lain untuk mengerti apa yang kita sampaikan dalam mencapai tujuan. Keterampilan berkomunikasi diperlukan dalam bekerja sama dengan orang lain. Ada dua jenis komunikasi, yaitu verbal dan nonverbal, komunikasi verbal atau tertulis dan komunikasi nonverbal atau bahasa (gerak tubuh). Komunikasi dua arah terjadi bila pengiriman pesan dilakukan san mendapatkan umpan balik. Seseorang dalam berkomunikasi pasti dapat merasakan timbale balik antara pemberi informasi serta penerima informasi sehingga terciptanya suatu hubungan yang mutualisme antara keduanya.

DAFTAR PUSAKA


Komunikasi, http://ditaanastasyadyanti.blogspot.com/2015/03/pengertian-dan-arti-penting-komunikasi.html , 22:50:11 GMT +07:00, Western Indonesia Time, 17 Maret 2015).
 http://andreprat.blogspot.com/2013/10/makalah-komunikasi-dalam-organisasi.htmlsaipudinikhwan.wordpress.com/2014/01/04/jenis-jenis-komunikasi/, 23:00:11 GMT +07:00, Western Indonesia Time, 17 Maret 2015).

http://andreprat.blogspot.com/2013/10/makalah-komunikasi-dalam-organisasi.html, /, 23:10:11 GMT +07:00, Western Indonesia Time, 17 Maret 2015).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar