Nama:
MULIA ESTUARI | npm: 16113204| kls: 2KA03
- Pengertian dan arti penting komunikasi
Komunikasi organisasi pada umumnya membahas tentang struktur dan fungsi
organisasi
hubungan antar
manusia, komunikasi dan proses pengorganisasian serta budaya organisasi.Komunikasi
organisasi diberi batasan sebagai arus pesan dalam suatu jaringan yang sifat
hubungannya saling bergantung satu sama lain meliputi arus komunikasi vertikal
dan horizontal. Komunikasi
dalam organisasi sangat penting karena dengan adanya komunikasi maka seseorang
bisa berhubungan dengan orang lain dan saling bertukar pikiran yang bisa
menambah wawasan seseorang dalam bekerja atau menjalani kehidupan sehari-hari.
2.
Jenis
dan proses organisasi
Di
bawah ini ada beberapa klasifikasi komunikasi dalam organisasi yang di tinjau
dari beberapa segi sifatnya:
- Komunikasi
Lisan komunikasi yang berlangsung lisan / berbicara cth: presentasi
- Komunukasi
Tertulis komunikasi melalui tulisan Cth: email
- Komunikasi
Verbal komunikasi yang dibicarakan/diungkapkan cth: curhat
- Komunikasi
Non Verbal komunikasi yang tidak dibicarakan(tersirat) cth: seseorang yang
nerves (gemetar)
- Dari
segi arahnya :
- Komunikasi
Ke atas komunikasi dari bawahan ke atasan
- Komunikasi
Ke bawah komunikasi dari atasan ke bawahan
- Komunikasi
Horizontal komunikasi ke sesama manusia / setingkat
- Komunikasi
Satu Arah pemberitahuan gempa melalui BMKG(tanpa ada timbal balik)
- Komunikasi
Dua Arah berbicara dengan adanya timbal balik/ saling berkomunikasi
- Menurut
Lawannya :
- Komunikasi
Satu Lawan Satu berbicara dengan lawan bicara yang sama banyaknya
cth:berbicara melalui telepon
- Komunikasi
Satu Lawan Banyak (kelompok) berbicara antara satu orang dengan suatu
kelompok Cth: kelompok satpam menginterogasi maling
- Kelompok
Lawan Kelompok berbicara antara suatu kelompok dengan kelompok lain Cth:
debat partai politik
Menurut
Keresmiannya :
- Komunikasi Formal komunikasi
yang berlangsung resmi cth: rapat pemegang saham
- Komunikasi Informal komunikasi yang tidak resmi cth : berbicara dengan teman
Proses komunikasi
Proses
komunikasi adalah bagaimana komunikator menyampaikan pesan kepada komunikannya,
sehingga dapat menciptakan suatu persamaan makna antara komunikan dengan
komunikatornya. Proses komunikasi ini bertujuan untuk menciptakan
komunikasi yang efektif (sesuai dengan tujuan komunikasi pada umumnya). Proses
komunikasi, banyak melalui perkembangan. Proses komunikasi dapat terjadi
apabila ada interaksi antar manusia dan ada penyampaian pesan untuk mewujudkan motif komunikasi
3. Komunikasi efektif
3. Komunikasi efektif
· Komunikasi
Efektif adalah komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude
change) pada orang yang terlibat dalam komunikasi.
·
Komunikasi
Efektif adalah saling bertukar informasi, ide, kepercayaan, perasaan dan sikap
antara dua orang atau kelompok yang hasilnya sesuai
dengan harapan.
4. Implikasi manajerial
Implikasi manajerial adalah bagaimana meningkatkan produktifitas dengan cara meningkatkan kapasitas, kualitas, efisiensi dan efektivitas dari sumber daya yang ada. apa implikasi manajerial yang muncul dari organisasi tanpa pembatas (borderless Tipe organisasi transnasional/tanpa batas memakai pengaturan yang mengeliminasi atau menghapus halangan geografis artitisial.Para manajer memilih pendekatan ini dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas di pasar global yang kompetitif.Implikasi yang dirasakan oleh para pihak manajer adalah bagaimana mereka bisa mengembangkan produk yang diproduksi di negara lain,dengan baik dengan cara memanfaatkan sumber daya alam dan manusia yang ada pada negara ttersebut.Jadi struktur organisasi manajerial tidak akan berpusat pada satu organisasi manajerial namun harus mencakup seluruh struktur organisasi manajerial di seluruh negara dimana perusahaan iitu berada. Kata Implikasi sendiri dapat merujuk ke beberapa aspek yaitu salah satunya, yang di bahas saat ini adalah manajerial atau manajemen, dalam manajemen terdapat 2 implikasi yaitu:
1. implikasi procedural meliputi tata cara analisis pilihan representasi, perencanaan kerja dan formulasi kebijakan.
2. implikasi kebijakan ini meliputi sifat substantive,perkiraan ke depan dan perumusan tindakan.
Implikasi manajerial adalah bagaimana meningkatkan produktifitas dengan cara meningkatkan kapasitas, kualitas, efisiensi dan efektivitas dari sumber daya yang ada. apa implikasi manajerial yang muncul dari organisasi tanpa pembatas (borderless Tipe organisasi transnasional/tanpa batas memakai pengaturan yang mengeliminasi atau menghapus halangan geografis artitisial.Para manajer memilih pendekatan ini dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas di pasar global yang kompetitif.Implikasi yang dirasakan oleh para pihak manajer adalah bagaimana mereka bisa mengembangkan produk yang diproduksi di negara lain,dengan baik dengan cara memanfaatkan sumber daya alam dan manusia yang ada pada negara ttersebut.Jadi struktur organisasi manajerial tidak akan berpusat pada satu organisasi manajerial namun harus mencakup seluruh struktur organisasi manajerial di seluruh negara dimana perusahaan iitu berada. Kata Implikasi sendiri dapat merujuk ke beberapa aspek yaitu salah satunya, yang di bahas saat ini adalah manajerial atau manajemen, dalam manajemen terdapat 2 implikasi yaitu:
1. implikasi procedural meliputi tata cara analisis pilihan representasi, perencanaan kerja dan formulasi kebijakan.
2. implikasi kebijakan ini meliputi sifat substantive,perkiraan ke depan dan perumusan tindakan.
KESIMPULAN:
Pada dasarnya komunikasi sangat diperlukan didalam kehidupan sehari-hari dalam aspek apapun, baik itu dalam kegiatan berorganisasi atau dalam kehidupan sehari-hari, dalam kegiatan berorganisasi, komunikasi diperlukan dengan tujuan agar sebuah system atau komunikasi yang ada bisa terjalin dengan sempurna dan lebih baik.
Tujuan komunikasi adalah berhubungan dan mengajak dengan orang lain untuk mengerti apa yang kita sampaikan dalam mencapai tujuan. Keterampilan berkomunikasi diperlukan dalam bekerja sama dengan orang lain. Ada dua jenis komunikasi, yaitu verbal dan nonverbal, komunikasi verbal atau tertulis dan komunikasi nonverbal atau bahasa (gerak tubuh). Komunikasi dua arah terjadi bila pengiriman pesan dilakukan san mendapatkan umpan balik. Seseorang dalam berkomunikasi pasti dapat merasakan timbale balik antara pemberi informasi serta penerima informasi sehingga terciptanya suatu hubungan yang mutualisme antara keduanya.
DAFTAR PUSAKA
http://nenkiemas.wordpress.com/2011/09/25/implikasi-teori-kepemimpinan-terhadap-pengembangan-sistem-komunikasi-organisasi-2/
22:45:11 GMT +07:00, Western Indonesia Time, 17 Maret 2015).
Komunikasi, http://ditaanastasyadyanti.blogspot.com/2015/03/pengertian-dan-arti-penting-komunikasi.html ,
22:50:11 GMT +07:00, Western Indonesia Time, 17 Maret 2015).
http://andreprat.blogspot.com/2013/10/makalah-komunikasi-dalam-organisasi.htmlsaipudinikhwan.wordpress.com/2014/01/04/jenis-jenis-komunikasi/,
23:00:11 GMT +07:00, Western Indonesia Time, 17 Maret 2015).
http://andreprat.blogspot.com/2013/10/makalah-komunikasi-dalam-organisasi.html,
/, 23:10:11 GMT +07:00, Western Indonesia Time, 17 Maret 2015).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar