1.
DEFINISI TELEMATIKA
Setelah
membaca beberapa sumber mengenai definisi telematika baik melalui wikipedia
maupun sumber online lain, definisi telematika sangatlah bermacam-macam. Banyak
juga para ahli yang mendefinisikan telematika dengan sudut pandang tersendiri.
Kata telematika berasal dari bahasa Perancis yaitu telematique. Kata
Telematique merujuk pada bertemunya sistem jaringan komunikasi dan teknologi
informasi. Sehingga telematika biasanya lebih sering dikaitkan dengan kegiatan
cyberspace atau kegiatan yang berbau teknologi digital yang merupakan suatu
informasi dalam melakukan sebuah komunikasi.
Pertama
kali istilah Telematika digunakan di Indonesia adalah pada perubahan pada nama
salah satu laboratorium telekomunikasi di ITB pada tahun 1978. Cikal bakal
Laboratorium Telematika berawal pada tahun 1960-an. Sempat berganti-ganti nama
mulai dari Laboratorium Switching lalu Laboratorium Telekomunikasi Listrik.
Seiring perjalanan waktu dan tajamnya visi para pendiri, pada tahun 1978
dilakukan lagi perubahan nama menjadi Laboratorium Telematika. Ketika itu, nama
Telematika tidak sepopuler seperti sekarang. Pada tahun 1978 itulah, di
Indonesia, istilah Telematika pertama kali dipakai.
2.
Menurut Para Praktisi Teknologi
TELEMATICS
merupakan perpaduan dari dua kata yaitu dari “TELECOMMUNICATION and
INFORMATICS” yang merupakan perpaduan konsep Computing and Communication.
Istilah telematika juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” karena
lahir dari perkembangan teknologi digital. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa
telematika merupakan konvergensi antara teknologi Telekomunikasi , Media dan
Informatika yang digunakan untuk keperluan pemrosesan data dengan sistem binary
/ digital.
3.
PERKEMBANGAN TELEMATIKA
3.1
Awal Mula Lahirnya Telematika
Telematika,
pada awalnya dikembangkan disisi internet. Ketika komputer tersebar luas
kebutuhan akan suatu cara mudah untuk menukar data tumbuh berkembang. Ini
adalah ketika teknologi telekomunikasi telah digunakan untuk menghubungkan
antar computer dan kemudian telematika dilahirkan. Telematika adalah jawaban
dari keprihatinan yang terjadi pada tahun 1976 di Perancism ketika itu
perkembangan aplikasi computer telah merubah organisasi ekonomi dan social
masyarakat.
3.2
Perkembangan Telematika Saat Ini
Saat
ini banyak bidang yang memanfaatkan telematika, seperti bidang telekomunikasi
yang berfokus pada pertukaran data yang menjadi kebutuhan konsumen mereka
seperti telekomunikasi lewat telepon, saluran televise, radio, dan media
lainnya, bahkan sistem pelacakan navigasi secara realtime berbasis satelit yang
disebut GPS (Global Positoning System). Dalam penerapannya, telematika
menggunakan teknologi pengiriman, penerimaan, dan penyimpanan informasi melalui
perangkat telekomunikasi dalam hubungannya dengan pengaruh pengendalian /
kontrol pada objek jarak jauh. Dalam penerapan di bidang navigasi, telematika
membutuhkan perangkat GPS sebagai perangkat pengiriman data, lalu data
telematika diterima oleh layanan (vendor) seluler dan diterukan ke pelanggan.
Kemudian data telematika disimpan oleh pelanggan di device telekomunikasi
seperti handphone, pda, dan smartphone. Teknologi
Telematika Bidang Telekomunikasi antara lain:
3.3
Pager
Alat
telekomunikasi pribadi untuk menyampaikan dan menerima pesan pendek. Radio
panggil numerik satu arah hanya dapat menerima pesan yang terdiri dari beberapa
digit saja.
3.4
Handphone
Merupakan
telepon selular yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, kadang-kadang dengan
fungsi yang menyerupai komputer. Sistem operasi yang digunakan adalah android
dan android itu sendiri adalah sistem operasi untuk telepon selular yang
berbasis linux yang menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat
menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti
bergerak.
3.5
Teknologi Telematika Bidang Transportasi
Salah
satu produk transportasi yang menerapkan layanan telematika adalah Toyota.
Karena menyadari semakin tingginya mobilitas masyarakat, terutama di wilayah
perkotaan, membutuhkan layanan penunjang yang mampu membantu masyarakat untuk
mencapai ke tujuannya dalam waktu singkat. Toyota melihat peluang ini dengan
mengembangkan disalah satu produksinya yang memiliki layanan navigasi yang
menyediakan informasi dan peta lengkap lokasi-lokasi penting, mulai hotel,
rumah sakit, hingga dealer.
3.6
Teknologi Telematika di Pemerintahan
E-goverment
dihadirkan dengan maksud untuk administrasi pemerintahan secara elektronik. Di
Indonesia ini, sudah ada suatu badan yang mengurusi tentang telematika, yaitu
Tim Koordinasi Telematika Indonesia (TKTI). TKTI mempunyai tugas
mengkoordinasikan perencanaan dan pendayagunaan teknologi telematika di
Indonesia, serta memfasilitasi dan memantau pelaksanaannya. Contohnya adalah
DPR, DKI Jakarta, dan Sudin Jaksel. Isi informasi dalam e-goverment, antara
lain adalah profil wilayah atau instansi, data statistic, surat keputusan, dan
bentuk interaktif lainnya.
4.
TREND KEDEPAN TELEMATIKA
Pemanfaatan
teknologi informasi dan komunikasi (TIK) juga tidak akan kalah dengan
perkembangan TIK saat ini. Perangkat komputasi berskala terabyte, penggunaan
multicore processor, penggunaan memori dengan multi slot serta peningkatan
kapasitas harddisk multi terabyte akan banyak bermunculan dengan harga yang
masuk akal. Komputasi berskala terabyte ini juga didukung dengan akses wireless
dan wireline dengan akses bandwidth yang mencapai terabyte juga. Hal ini
berakibat menumbuhkan faktor baru dari perkembangan teknologi. Antarmuka pun
sudah semakin bersahabat, lihat saja software Microsoft, desktop Ubuntu,
GoogleApps, YahooApps Live semua berlomba menampilkan antarmuka yang terbaik
dan lebih bersahabat dengan kecepatan akses yang semakin tinggi. Hal ini
ditunjang oleh search engine yang semakin cepat mengumpulkan informasi yang
dibutuhkan oleh penggunanya.
Pada
akhirnya, era robotic akan segera muncul. Segenap mesin dengan kemampuan
adaptif dan kemampuan belajar yang mandiri sudah banyak dibuat dalam skala
industri kecil dan menengah, termasuk di tanah air. Jadi, dengan adanya
teknologi manusia akan terus berkembang sehingga akan ada harapan-harapan
tentang masa depan yang lebih baik.
Resume :
Perkembangan
telematika dari tahun ke tahun semakin terus berkembang, ini menandakan bahwa
telematika terus mengikuti perkembangan teknologinya. Dengan terus
berkembangnya telematika, maka akan mempermudah aktivitas manusia dalam melakukan
pekerjaannya.
adalah
profil wilayah atau instansi, data statistic, surat keputusan, dan bentuk
interaktif lainnya.
Salah
satu contoh dari teknologi telematika dibidang komunikasi. Karena merupakan
suatu sarana berkomunikasi dengan menggunakan media elektromagnetik untuk
mengirimkan atau menerima suatu informasi dari satu pihak ke pihak yang
lainnya.
5.
Pengertian Arsitektur Telematika
Istilah arsitektur berarti merancang atau mendesain sebuah aplikasi, atau
dimana komponen yang membentuk suatu sistem akan diolah dan ditempatkan agar
komponen tersebut dapat berinteraksi. Arsitektur sistem harus berdasarkan
konfigurasi sistem secara keseluruhan yang akan menjadi tempat dari DBMS, basis
data dan aplikasi yang memanfaatkannya yang juga akan menentukan bagaimana
pemakai dapat berinteraksi dengannya. Arsitektur itu sendiri terdiri dari
dua jenis, yaitu dari sisi client dan sisi server.
Istilah arsitektur mengacu pada desain sebuah aplikasi, atau dimana
komponen yang membentuk suatu sistem ditempatkan dan bagaimana mereka
berkomunikasi. Jadi secara sederhana arsitektur
telematika yaitu sebuah struktur desain yang secara logic dapat
meningkatkan hubungan jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.
Model
arsitektur telematika yang terdiri dari client dan server. Pengertian client-server merupakan sebuah
paradigma dalam teknologi informasi yang merujuk kepada cara untuk
mendistribusikan aplikasi ke dalam dua pihak, yaitu pihak client dan pihak
server. Client-server diaplikasikan pada aplikasi mainframe yang sangat besar
untuk membagi beban proses loading antara client dan server. Sebagai dampaknya
client-server telah mengubah cara atau pola pikir kita dalam mendesain dan
membangun aplikasi. Dan ini sangat membantu end-user dalam peng-harapan tentang
“the look and feel” dari multiuser software. Dalam perkembangannya,
client-server dikembangkan oleh dominasi perusahaan-perusahaan software besar
yaitu Baan, Informix, Lotus, Microsoft, Novell, Oracle, PeopleSoft, SAP, Sun,
dan Sybase. Perusahaan-perusahaan ini adalah superstar pada era pertama
dimunculkannya konsep client/ server.
·
Arsitektur Telematika dari Sisi
Client
Arsitektur
Client merujuk pada pelaksanaan atau penyimpanan data pada browser (atau klien)
sisi koneksi HTTP. JavaScript adalah sebuah contoh dari sisi klien eksekusi,
dan cookie adalah contoh dari sisi klien
penyimpanan. Beberapa karakteristik client, yaitu :
a. Selalu
memulai permintaan ke server.
b. Menunggu
balasan dari server.
c. Menerima
balasan dari server.
d. Terhubung
ke beberapa server pada waktu tertentu.
e. Berinteraksi
langsung dengan pengguna akhir, dengan menggunakan GUI.
· Arsitektur
Telematika dari Sisi Server
Sebuah
eksekusi sisi server yaitu server web khusus eksekusi yang melampaui standar
metode HTTP itu harus mendukung. Sebagai contoh, penggunaan CGI script sisi
server khusus tag tertanam di halaman HTML, tag ini memicu tindakan terjadi
atau program untuk mengeksekusi.Beberapa karakteristik server, yaitu :
a. Selalu
menunggu permintaan dari salah satu klien.
b. Melayani
permintaan client, lalu menjawab dengan data yang diminta oleh client.
c. Sebuah
server dapat berkomunikasi dengan server lain untuk melayani permintaan client.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar